Comments

Pages

Jumat, 01 Februari 2013

Defleksi/Lendutan

Posted by at 12.41 Read our previous post

Defleksi atau perubahan bentuk pada balok dalam arah y akibat adanya pembebanan vertikal yang diberikan pada balok atau batang.Deformasi pada balok secara sangat mudah dapat dijelaskan berdasarkan defleksi balok dari posisinya sebelum mengalami pembebanan. Defleksi diukur dari permukaan netral awal ke posisi netral setelah terjadi deformasi.




Hal-hal yang mempengaruhi terjadinya defleksi yaitu :
1.      Kekakuan Batang
Semakin kaku suatu batang maka lendutan batang yang akan terjadi pada batang akan semakin kecil.
2.      Besarnya kecil gaya yang diberikan
Besar-kecilnya gaya yang diberikan pada batang berbanding lurus dengan besarnya defleksi yang terjadi. Dengan kata lain semakin besar beban yang dialami batang maka defleksi yang terjadipun semakin kecil.
3.         Jenis tumpuan yang diberikan
Jumlah reaksi dan arah pada tiap jenis tumpuan berbeda-beda. Jika karena itu besarnya defleksi pada penggunaan tumpuan yang berbeda-beda tidaklah sama. Semakin banyak reaksi dari tumpuan yang melawan gaya dari beban maka defleksi yang terjadi pada tumpuan rol lebih besar dari tumpuan pin ( pasak ) dan defleksi yang terjadi pada tumpuan pin lebih besar dari tumpuan jepit.
4.         Jenis beban yang terjadi pada batang
Beban terdistribusi merata dengan beban titik, keduanya memiliki kurva defleksi berbeda-beda. Pada beban terdistribusi merata slope yang terjadi pada bagian batang yang paling dekat lebih besar dari slope titik. Ini karena sepanjang batang mengalami beban sedangkan pada beban titik hanya terjadi pad beban titik tertentu saja.
Aplikasi lendutan batang mempunyai peranan penting pada jembatan. Sebuah jembatan yang fungsinya menyeberangkan benda atau kendaraan diatasnya mengalami beban yang sangat besar dan dinamis yang bergerak diatasnya. Hal ini tentunya   akan mengakibatkan terjadinya lendutan batang atau defleksi pada batang-batang konstruksi jembatan tersebut. Defleksi yang terjadi secara berlebihan tentunya akan mengakibatkan perpatahan pada jembatan tersebut dan hal yang tidak diinginkan dalam membuat jembatan.

Sumber : Hal-hal yang Mempengaruhi Terjadinya Defleksi/Lendutan - Guru Sipil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

© DUNIA TEKNIK SIPIL is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon - Best SEO Template